Wednesday, June 8, 2016

PROFIT TRADING OPTION DI AWAL MARKET DENGAN INDIKATOR BOLLINGER BANDS

11:15:00 PM // by Drs Suparno, S.Kom // 2 comments

4 LANGKAH CARA PROFIT TRADING OPTION DI AWAL MARKET DENGAN INDIKATOR BOLLINGER BANDS
(Cara dan Indikator "profitrutin" ini Terbukti Berakurasi Sangat Tinggi dan Handal Sebagai Mesin Pencetak Dolar)

4 Langkah Cara Profit Trading di Awal Market:
1.      Persiapan Pre-Market.
-          Menyalakan laptop dan buka grafik Thinkorswim minimal 1 jam sebelum market buka, jadi kalau saat ini market buka jam 8:30 berarti persiapan anda jam 7:30.
-          Pilih Option yang mempunyai liquiditas baik dan memiliki nilai spread rendah yaitu selisih antara harga ask dan harga rendah seperti yang terdapat pada saham QQQ, AAPL dan  SPY. Anda juga bisa memilih saham yang termasuk liquid tetapu memilik nilai spread yang agak lebar diantaranya adalah NFLX, LNKD, BIDU, TSLA, GOOG, AMZN dan lain-lain.
-         Apabila dalam rekening anda hanya tersedia modal sekitar 1.000 dolar, saya menyarankan anda trading QQQ, AAPL dan SPY saja.
-         Amati dengan seksama pergerakan harga (Price Action) selama satu jam sebelum market buka tersebut. Hati-hati dalam mengamati dan anda sebaiknya disamping menggunakan indikator bollinger bands juga memasang indikator lain sebagai konfirmasi untuk memperkuat keputusan yang diambil dari bollinger bands tersebut.
-         Apabila beberapa saat sebelum market buka garis bollinger bands mengalami penyempitan hal ini menandakan bahwa pasar mengalami titik krusial yang dengan istilah lain biasa disebut sebagi keadaan squeeze, maka anda harus bersiap-siap dan waspada karena kemungkinan beberapa saat setelah bollinger bands mengalami squeeze ini akan terjadi ledakan trend harga yang sangat kuat dan biasanya trend akan berlangsung agak panjang. Sehingga pada saat-saat seperti ini sangat potensial sekali untuk memperoleh keuntungan yang besar dari market yang mengalami volatilitas tersebut. Mudah rasanya untuk memperoleh profit ratusan bahkan ribuan dolar pada keadaan seperti tersebut diatas.
-     Akan tetapi saya sangat menganjurkan anda untuk selalu menerapkan strategi profit locking dan stop loss. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi apabila terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan pembelian. Misalnya dalam keadaan tren naik anda bermaksud untuk membeli Call Option, akan tetapi karena tergesa-gesa atau sebab lain anda salah pembelian, bukan call option yang anda beli, tetapi malah sebaliknya anda membeli put option tabpa anda sadari karena kesalahan tadi. Maka apabila hal ini terjadi dan anda sudah menerapkan strategi stop loss maka tidak akan terjadi kerugian yang besar, melainkan hanya rugi sebatas nilai stop loss yang anda berikan. Keadaan lain yang mungkin bisa terjadi adalah adanya perubahan trend harga yang tiba-tiba dan perubahan tersebut sangat kuat, kalau anda tidak mengunci dengan strategi stop loss maka akan sangat berbahaya dengan modal anda, tetapi apabila sudah memasang kunci stop loss maka akan aman-aman saja dengan modal anda.
  
2.      Persiapan pada menit-menit pertama pasar buka.
-         Setelah beberapa saat tadi harga dan bollinger bands mengalami squeeze, jangan tergesa-gesa masuk, tunggu dulu sampai pergerakan harga menunjukkan arah yang jelas, perhatikan betul pergerakan harga di menit-menit pertama ini.
-         Pada inilah momen yang paling penting karena ledakan pergerakan harga biasanya akan terjadi yang disebut dengan breakout yang ditandai dengan semakin melebarnya garis bollinger bands.

3.      Mengambil Keputusan Beli Call Option.
-         Ketika sebelum dan saat market buka pergerakan harga dan garis bollinger bands berada pada area titik jenuh bawah (Oversold), maka kemungkinan besar arah trend berikutnya akan naik.
-         Dan apabila pada saat pasar buka ini mengalami breakout dan arah trend menunjukkan naik, maka anda harus siap-siap dan beli Call Option, yang dalam Indikator kami (profitrutin) ditandai dengan ketiga-tiganya dari garis bollinger bands berubah warna menjadi hijau dan munculnya sinyal “Beli Call”.

Untuk lebih jelasnya dan sebagai ilustrasi lihat beberapa contoh berikut ini dari saham APPL di akhir mei dan awal juni 2016:

(untuk melihat nama saham, tanggal dan bulan terletak di pojok kiri atas).


       Cara menghitung profit dari grafik saham AAPL diatas:
-     Titik entri di kandel pertama karena indikator sudah menunjukkan beli call option dan waktu melakukan pembelian saham AAPL tersebut tereksekusi di harga $99,20 (lihat gambar diatas)
-    Dan setelah 35 menit kemudian yaitu setelah pergerakan harga berjalan 7 kandel, kalau masing-masing kandel membutuhkan waktu 5 menit berarti 7 kandel sama dengan 35 menit, maka harga sudah mengalami kenaikan 60 digit atau 60 point.
-    Untuk menghitung profitnya adalah 60 x nilai delta. Dengan nilai delta 0,5 maka akan didapat profit sebesar 60 x 0,5 = $30 untuk pembelian 1 kontrak saham. Dan apabila membeli 10 kontrak berarti keuntungan yang didapat adalah 30 x 10 = $300 hanya dalam waktu 35 menit.
-    Hanya sebagai perkiraan bahwa untuk melakukan pembelian 1 kontrak saham AAPL dengan nilai delta 0,5 adalah membutuhkan modal sekitar $150 berarti apabila membeli 10 kontrak maka membutuhkan moda sekitar $1.500,-
                                
4.      Mengambil Keputusan Beli Put Option.

-          Ketika sebelum dan saat market buka pergerakan harga dan garis bollinger bands berada pada area titik jenuh atas (Overbought), maka kemungkinan besar arah trend berikutnya akan turun.

-          Dan apabila pada saat pasar buka ini mengalami breakout dan arah trend menunjukkan turun, maka anda harus siap-siap dan beli Put Option, yang dalam Indikator kami (profitrutin) ditandai dengan ketiga-tiganya dari garis bollinger bands berubah warna menjadi merah dan munculnya sinyal “Beli Put”.


Untuk lebih jelasnya dan sebagai ilustrasi lihat beberapa contoh berikut ini dari saham NFLX di akhir mei dan awal juni 2016:

(untuk melihat nama saham, tanggal dan bulan terletak di pojok kiri atas).




Cara menghitung profit dari grafik saham NFLX diatas:

-    Titik entri di kandel pertama karena indikator sudah menunjukkan beli Put option dan waktu melakukan pembelian saham NFLX tersebut tereksekusi di harga $99,80 (lihat gambar diatas)
-    Dan setelah 50 menit kemudian yaitu setelah pergerakan harga berjalan 10 kandel, kalau masing-masing kandel membutuhkan waktu 5 menit berarti 10 kandel sama dengan 50 menit, maka harga sudah mengalami kenaikan 180 digit atau 180 point, karena di menit ke 50 harga berada pada posisi 98,00.
-    Untuk menghitung profitnya adalah 180 x nilai delta. Dengan nilai delta 0,5 maka akan didapat profit sebesar 180 x 0,5 = $90 untuk pembelian 1 kontrak saham. Dan apabila membeli 10 kontrak berarti keuntungan yang didapat adalah 90 x 10 = $900 hanya dalam waktu 50 menit.
-    Sebagai perkiraan bahwa untuk melakukan pembelian 1 kontrak saham NFLX dengan nilai delta 0,5 adalah membutuhkan modal sekitar $250 berarti apabila membeli 10 kontrak maka membutuhkan moda sekitar $2.500,-











5.       

2 comments:

  1. Mt pagi, kalau tradring option bagus pakai broker apa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete