Sunday, August 4, 2019

Cara Membuka Akun Trading Option Di Interactive Brokers

11:04:00 AM // by Drs Suparno, S.Kom // No comments




Cara Membuka Akun Trading Option Di Interactive Brokers


Langkah-langkah cara membuka sendiri akun trading option di InteractiveBroker (IB) Amerika.
Interactive Brokers LLC (disingkat IB, www.interactivebrokers.com.hk) adalah broker saham ternama dari Amerika Serikat (USA). Broker ini menawarkan jasa trading dan investasi tidak hanya untuk saham, namum juga beraneka ragam instrumen finasial lainnya, seperti options, bonds (obligasi) dan forex. IB juga menawarkan pilihan investasi/trading tidak hanya untuk pasar USA, tetapi juga untuk pasar di lebih dari 100 negara lainnya, seperti Canada, Mexiko, Hongkong, Singapur, negara-negara di Eropa, dan lain-lain.
Interactive Brokers adalah broker yang menawarkan jasa trading saham dan investasi, dengan bisa transaksi yang paling rendah, hanya USD 0.005 per lembar saham, dan USD 0.70 per contract options. Bandingkan dengan broker lain seperti Optionsexpress dan lain-lain. 
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka trading account di Interactive Brokers:
  1. Siapkan dan scan juga identitas data diri Anda, pilih 2 dari KTP, SIM dan Paspor.
  2. Persiapkan alamat email anda.
  3. Ketiklah di google alamat web berikut ini: www.interactivebrokers.com.hk
  4. Setelah masuk di halaman web IB lalu Klik menu Open Account lalu pilih Individual Investor and Trader.
  5. Page1 Register a
    Masukkan alamat email Anda yang aktual (penting, akan dikirimkan link aktivasi) dan juga username serta password Anda. Jangan lupa untuk mencatat username dan password yang telah Anda pilih agar tidak hilang.Ketentuan user name dan password adalah sebagai berikut:
    Jadi, username yang Anda pilih haruslah berhuruf kecil semuanya, tidak ada spasi dan tidak ada karekter spesifik sepert @#$%, harus dimulia dengan huruf, panjangnya 8 atau 9 karekter, serta terdapat paling sedikit 3 huruf dan 3 angka. Sedangkan ketentukan untuk password adalah case sensitif (huruf besar dan huruf kecil berbeda, jadi misalnya anda dan Anda dianggap sebagai password yang berbeda), tidak ada spasi dan karakter spesial. Selain itu, password yang anda gunakan harus menuat paling sedikit satu haruf dan satu angka, dan panjangnya antara 6 dan 40 karakter. Password tidak boleh ada pengulangan dari username yang Anda pilih.Page1 Register b
    Pilihlah Indonesia sebagai negara tempat tinggal, lalu klik continue.
  6. Sebuah email verifikasi akan dikirimkan ke alamat email Anda. Page2 AccountVerification
    Buka email tersebut dan klik Verify Account.
    Page2 AccountVerification b
    Anda akan diminta untuk memasukkan kembali username dan password Anda untuk melanjutkan proses registrasi.
  7. Pilihan Customer Type
    Page3 CustomerType
    Untuk customer type pilihlah yang individual untuk jenis akun perorangan, serta USD sebagai base currency. Jika Anda membutuhkan informasi tambahan, Anda bisa langsung klik tanda Page3 CustomerType quistion mark. Klik continue untuk melanjutkan aplikasi.Ingat: untuk poin 6 dan seterusnya, pada saat proses aplikasi, setiap saatnya Anda dapat meng-logout. Kemudian hari, jika Anda ingin melanjutkan kembali proses aplikasinya, Anda hanya perlu mengunjungihttp://www.interactivebrokers.com, pilih menu Log In, lalu Finish An Application, kemudian masukkan username dan password Anda. 
  8. Aplication Step 1: Personal Information
    Step1 PersoanlInfo 1
    Isilah data diri Anda, yaitu nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, status nikah dan jumlah tanggungan.
    Step1 PersoanlInfo 2 AddressBerikutnya isilah alamat Anda yang sesuai dengan KTP/SIM.
    Step1 PersoanlInfo 3 HPIsi juga nomor HP anda. Di bagian Tax Residency isi sesuai gambar di atas.
    Step1 PersoanlInfo 4 ID
    Identification: isilah jenis kartu identitas yang telah Anda persiapkan (Paspor/KTP/SIM) dan juga nomornya.
    Employment: isilah jenis perkerjaan Anda dan juga sumber penghasilan lainya.
    Jika Anda ragu, isilah At-Home Trader di Employment Type dan dibagian Source of Income, isilah sebagai berikut:
    Rental, 30%, house rental di bagian description dan Trading & Invesments, 70%, option traderStep1 PersoanlInfo 7Account Type: Margin, supaya Anda bisa trading dengan semua strategi options yang membutuhkan margin (spreads, iron condor). Baca di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai jenis account yang tersedia.
    Security Questions: pilihkan 3 pertanyaan serta jawaban yang mudah diingat.Step1 PersoanlInfo 5 AccountType
  9. Application Step 2: Regulatory Information
    Isilah sesuai gambar di bawah.Step2 Regulatory 1 NetWorth
    Untuk bagian Assets & Income, isilah minimal seperti gambar di atas.Investment Objectives: Pilihlah yang ada Speculation dan Trading Profits.
    Step2 Regulatory 3 InvestmentObjective
    Kalau Anda tidak memilih Trading Profits ataupun Speculation sebagai tujuan investasi Anda, maka Anda hanya ditawarkan Limited Option Trading. Dengan Limited Option Trading ini, Anda hanya diperbolehkan untuk trading strategi berikut:
    • Long Call or Put
    • Covered Calls
    • Short Naked Put: Only if covered by cash
    • Call Spread: Only European style cash settled
    • Put Spread: Only European style cash settled
    • Long Butterfly: Only European style cash settled
    • Iron Condor: Only European style cash settled
    • Long Call and Put
    Step2 Regulatory 2 Limited Option
    Karena strategi trading options yang cukup terbatas di Limited Option Trading, maka sangat disarankan untuk memilih Investment Objectives yang ada Speculation dan Trading Profits.
    Investment Experience: isilah minimal sesuai dengan gambar di bawah, maka nantinya Anda bisa trading semua option strategy yang ada.
    Step2 Regulatory 3 InvestmentExperience
    Untuk Trading Countries:
    Karena kita hanya fokus untuk trading/invest stocks and options di USA pilihkan North America -> United States. Jika Anda menginginkan untuk trading ataupun investasi di negara lain selain USA, silahkan pilih juga negara yang diinginkanStep2 Regulatory 4 TradingCountries
  10. Application Step 3: W-8BEN
    Ini adalah surat bebas pajak untuk non-US citizen.
    Anda hanya perlu scroll ke bawah. Step3 W8BEN 1Step3 W8BEN 2 Part 1Step3 W8BEN 2 Part 2Part III: Certification, pilihkan dua kali YES, lalu klik I Agree.Step3 W8BEN 2 Part 3 pilihStep3 W8BEN 2 Part 3 pilih YESStep3 W8BEN 2 Part 4 Signature
    General Agreements & Disclosures: pilih 4 kali AGREE.
    Lalu klik CONTINUE di bagian Signature.Step3 W8BEN 2 Part 5 GeneralAgreementStep3 W8BEN 2 Part 6 Signature
  11. Application Step 4: Funding
    Bagian untuk adalah untuk pemberitahuan/notifikasi kepada IB mengenai dana yang akan Anda transfer via wire kepada IB. Anda bisa juga klik SKIP, untuk melewatkan bagian ini terlebih dahulu.
    Step4 Funding 1Step4 Funding 3 Skip FundingJika Anda memilih untuk memberikan notifikasi transfer kepada IB sekaran juga, maka isilah seperti tampilan di bawah ini, lalu klik CONFIRM TRANSFER.Step4 Funding 2 CashDeposit WireAkan muncul tampilan seperti dibawah ini, yaitu berupa informasi mengenai nama bank dan rekening tujuan transfer kita.Step4 Funding 4 FundingInfo
    Pada saat transfer dana, isilah formulir transfer seperti berikut ini. Di bagian berita/message, isilah nomor account / nama pemilik account Anda. Untuk contoh di atas adalah U2156301 / Test InteractiveBrokers. Step4 Funding 5 contoh formulir transfer
  12. Application Step 5: Application Status
    Seperti yang disebutkan pada poin 2 di atas, di sini Anda diharuskan untuk mengupload dua buah dokument, yaitu sebuah bukti identitas dan sebuah bukti alamat. Anda dapat menggunakan salah satu dari kombinasi Paspor-KTP, Paspor – SIM, KTP-SIM atau SIM-KTP. Mohon diperhatikan bahwa nama yang tertera pada indentitas diri tersebut harus sesuai. Klik di tombol UPLOAD, lalu ikuti petunjuk di sana untuk mengupload dokumen yang sesuai.
    Step5 Status 1 UploadIdentification
    Anda dapat juga melihat kembali langkah-langkah yang telah dikerjakan sebelumnya melalui tombol PREVIOUS STEPS.
    Step5 Status 4
    Melalui tombol CONFIRM, Anda dapat mengkonfirmasi nomor HP. Ikuti saja petunjuk yang diberikan.Sampai di sini, jika semua langkah-langkah di atas telah diikuti dengan lengkap, maka Anda hanya perlu menunggu 2-3 hari sampai Anda memperoleh email dari IB bahwa account Anda telah disetujui. Sesudah itu barulah Anda melakukan transfer dana ke rekening di IB.
    Pada halaman Funding (Application Step 4) disebutkan bahwa transfer dana ke IB akan mempercepat proses aplikasi. Tetapi saya anjurkan, tunggulah beberapa hari terlebih dahulu sampai account Anda di-approve, barulah Anda tranfer by wire ke rekening di Interactive Brokers.Jika Anda meng-klick tombol CONTINUE  di halaman Application Status (Application Step 5), maka Anda akan masuk ke bagian konfigurasi account Anda.
  13. Configuration Step 1: Subscriber Status
    Pilihlah status Non-Professional, serta klick AGREE sebanyak dua kali, lalu CONTINUE.
    Step6
  14. Configuration Step 2: Market Data
    Pilihlah sesuai kedua gambar dibawah ini.Step7 MarketData 1Step7 MarketData 2
  15. Configuration Step 3: Risk Disclosures & Agreements
    Pilih AGREE dan AGREE, lalu klik CONTINUE.
    Step8 Risk 1Step8 Risk 2Step8 Risk 3

0 komentar:

Post a Comment